SAATNYA UKM GO GLOBAL BERKAT SOFTWARE ACCURATE


Kontribusi generasi muda untuk kemajuan perekonomian bangsa memang tak bisa diragukan lagi. Terbukti banyaknya UKM hingga perusahaan yang didirikan anak muda. Hal tersebut tentu saja berimpact dengan membuka lowongan pekerjaan dan tentunya bisa menurunkan pengangguran. 


Pengangguran Terbuka (TPT) pada tahun 2018 turun menjadi 5,13 persen dibandingkan Februari 2017 sebesar 5,33 persen. Kepala Badan Pusat Statistik menyebutkan dalam setahun pengangguran berkurang 140.000 orang. Hal tersebut tak lepas dari sumbangsih generasi muda, karena generasi millenial lebih banyak mengembangkan bisnis dan usahanya, yaitu sekitar 300 juta unit-unit influence usaha kreatif. Sedangkan, jumlah UMKM (Usaha Kecil, Mikro dan Menengah) pada tahun 2017 menembus 60 juta, dan telah naik 3,1%  dari penduduk Indonesia.


Generasi millineal cenderung sangat kreatif, percaya diri, dan lebih suka mengejar passion serta totalitas dalam menjalaninya. Inilah salah satu alasan kenapa pertumbuhan industri kreatif tumbuh sangat cepat.

Banyaknya platfrom yang menyediakan marketplace untuk pebisnis pemula, merupakan salah satu alasan kenapa jumlah industri kreatif terus naik. Peraturan Kementerian Perindustrian No.6 tahun 2016 menyebutkan kriteria bahwa Industri Kecil Menengah (IKM) merupakan industri yang memiliki skala industri kecil dan menengah, dimana kontribusi sektor usaha mikro, kecil dan menengah terhadap produk dosmestik bruto meningkat dari 57,84 persen menjadi 60,34 persen dalam lima tahun terakhir. Serapan tenaga kerja pada sektor tersebut juga meningkat, dari 96,99 persen menjadi 97,22 persen periode yang sama.

Melihat pertumbuhan industri kreatif yang berpotensi bisa berkembang di Indonesia. Maka tidak ada yang tidak mungkin, bahwa nantinya industri kreatif bisa memasuki pasar dunia, dan ekspor industri kreatif yang akan mengalami peningkatan setiap tahunya. Namun, saat ini masih banyak kendala UKM untuk bisa menembus pasar global dengan menembus pasar ekspor.

Kendala pertama adalah perihal selera pasar yang berbeda, dimana produk yang  ditawarkan oleh UKM tidak sesuai dengan selera mancanegara. Sehingga, dalam hal ini perlu adanya kajian terlebih dahulu. Hambatan kedua adalah proses pengurusan dokumen. Banyak eksportir atau pelaku UKM melakukan semua proses dari hulu ke hilir produknya secara sendiri dan tak sedikit yang masih belum paham dalam pengurusan dokumen. Akan tetapi, hal yang lebih penting adalah pelaku UKM harus memiliki bisnis yang berkelanjutan.

Memiliki bisnis yang terus berlanjut dan berkembang tentu saja tidaklah mudah. Banyak sekali pelaku UKM yang hanya semangat di awal namun tidak ada tindak lanjut untuk dituntaskan hingga memenangkan pasar. Hal tersebut terjadi, karena ada beberapa kendala diantaranya :

Kapasitas manajemen dan sumber daya manusia (SDM) rendah
Penyebab pertama kenapa bisnis memiliki kendala atau sulit untuk berlanjut adalah rendahnya pengetahuan atau skill bisnis. Seyogyanya pelaku bisnis harus memiliki 5 faktor yaitu marketing skill dan pengetahuan, kemampuan dasar produksi, pengetahuan keuangan, pengetahuan tentang pengembangan SDM, kepemimpinan, dan motivasi, dan yang terakhir adalah manajemen strategi dalam menghadapi persaingan dan pengembangan diri. 
Strategi manajemen tidak ada
Strategi manajemen yang dimaksud adalah sebuah strategi bisnis jangka pendek dan jangka panjang. Seorang pebisnis harus memiliki strategi bisnis tersebut, jika tidak memilikinya bisa dipastikan kinerja tidak beraturan. Selain itu, dalam strategi manajemen diperlukan inovasi dan improvement agar bisnis yang dijalani tetap berlanjut dan berkembang. 
Kemampuan teknologi rendah
Perkembangan teknologi, internet yang sangat pesat dan penggunaan sosial media semakin luas atau sekitar 130 juta orang telah terhubung ke sosial media. Sehingga, dengan adanya kondisi tersebut menjadikan sebuah keharusan seorang pelaku bisnis memiliki pengetahuan yang cukup tentang teknologi. 
Dan investasi dan kredit sulit
Tak bisa dipungkiri bahwa pelaku usaha dalam memulai usaha membutuhkan modal. Salah satu cara untuk mendapatkan modal dengan memiliki dana investasi atau kredit. Akan tetapi, jika kedua cara tersebut tidak bisa didapatkan maka akan sulit untuk mendapatkan modal awal secara cepat dan aman.  
Perencanaan bisnis dan anggaran tidak dibuat
Sebuah perencanaan bisnis yang baik, dimulai dari besarnya modal, investasi, produksi, dan juga perolehan laba menjadi suatu keharusan untuk direncanakan secara matang sebelum memulai bisnis. Perencanaan tersebut sangat penting untuk menghindari kerugian dan agar bisnis terus berlanjut serta berkembang.

Langkah selanjutnya ketika bisnis telah berjalan adalah memastikan bahwa pembukuan dari segala pemasukan dan pengeluaran bisnis. Hal ini sangatlah penting untuk mengetahui perkembangan suatu bisnis yang berjalan. Karena apabila tidak mengetahui pergerakan suatu bisnis dari waktu ke waktu maka tidak akan mengerti dan mengetahui evaluasi dari suatu bisnis tersebut. Seperti halnya, mencampurkan uang pribadi dengan uang bisnis, sehingga berakibat overload dalam memakai uang pribadi.

Pernah suatu ketika saya bertemu dengan teman lama saya yang berprofesi sebagai pebisnis. Bisnis yang digelutinya adalah bisnis ikan segar yang telah dijalani hampir dua tahun. Namun, selama dua tahun bisnis yang digelutinya tidak berjalan lancar karena penyebab utamanya adalah masih kacaunya pembukuan keuangan. Alasan utama tidak bagusnya pembukuan keuangan bisnis tersebut karena tidak ada waktu untuk menyusunnya. 

Bisnis snack pertama saya "Polaris"

Pengalaman pribadipun telah saya telan ketika memulai bisnis baru yaitu bisnis snack. Kurang lebih 1 bulan bisnis yang dulu pernah saya tekuni dan telah memiliki reseller hingga Kalimantan, namun harus berhenti sejenak karena saya tidak memiliki pembukuan keuangan. Sehingga, saya tidak bisa membedakan uang pribadi dan uang bisnis. Alhasil, saya overload dalam memakai uang hingga uang hasil penjualan snack.

Solusi yang paling optimal untuk menghadapi problema para pebisnis tersebut yaitu dengan menggunakan software akuntasi yang dapat membantu pembukaan keuangan bisnis dengan mudah. Software akuntasi rekomendasi yang diciptakan oleh anak muda yaitu Accurate (accurate.id) dan dikembangkan oleh CPSSoft (cpssoft.com).

Accurate sendiri dapat membantu dalam merapikan pembukuan, mencatat transaksi, membuat laporan keuangan, hingga memudahkan laporan pajak. Sehingga, hal tersebut bisa memudahkan bisnis dan tentunya bisa menjadi bisnis UKM bisa naik kelas hingga go global. Accurate menjadi pilihan yang sangat tepat karena terus berinovasi untuk menjawab kebutuhan pelaku usaha dalam menjalankan bisnis dan tentunya memiliki berbagai keunggulan, diantaranya : 


Accurate sesuai PSAK dan Perpajakan Indonesia
Teknisnya pada saat menginput transaksi, Accurate akan otomatis tersinkronisasi dengan modul e-faktur yang sudah disediakan oleh Accurate dan bisa langsung di import ke E-SPT sehingga user tidak perlu lagi membuat laporan pajak
Fitur yang Lengkap
Accurate ini sendiri memang sebuah softaware akuntansi yang diciptakan untuk berbagai jenis usaha atau bisnis, mulai dari bisnis kecil dengan kebutuhan fitur yang sederhana, sampai dengan perusahaan pabrikasi yang pastinya membutuhkan fitur lengkap. Accurate ini sendiri memiliki tiga varin yaitu Accurate Standart, Accurate Deluxe dan Accurate Enterprise. 
User Friendly
Secara tampilanpun Accurate Software sudah menyesuaikan kebutuhan user-user di perusahaan sehingga Accurte sangat mudah di operasikan walaupun user tersebut tidak memiliki basic akuntasi maupun accounting.
Tidak ada biaya maintence
Pembelian software Accurate 5 one time payment di dedepan. Sehingga software dapat digunakan seumur hidup dan setelah penjualan bisa mempunyai support dengan menghubungi divisi support via email di support@cpssoft yang dapat melayani. 
Multi Database
Bagi sebuah perusahaan yang memiliki berbagai jenis usaha atau perusahaan dan tentunya memerlukan laporan masing-masing. Dengan membeli software Accurate satu kali sudah bisa mengkses berapapun database yang dibutuhkan.     

Accurate merupakan software akuntansi yang di ciptakan sejak tahun 1998 dari versi 1 sampai versi 5 saat ini dan berhasil mendapatkan predikat TOP BRAND sejak tahun 2016 s/d 2019 dalam katagori penjualan software akuntansi terbanyak di Indonesia. Software Accurate ini merupakan software aseli buatan putra putrid Indonesia dan terus dikembangkan dibawah naungan PT. CPSsoft.


Catatan ketika kita atau pebisnis memiliki banyak cabang bisnis, gudang, dan membutuhkan sistem approval, maka alangkah baiknya menggunakan Accurate Online. Fitur yang disuguhkanpun sangatlah lengkap dan mudah. Selain itu, Accurate online menetapkan 1 harga. Namun sebelumnya apabia masih ragu bisa mencoba fitur gratis yang disediakan selama 30 hari.

Lalu bagaimana caranya menggunakan Accurate ?


Langkah pertama adalah mendaftarkan akun baru, kemudian langkah selanjutnya membuat database, setelah itu menyetting preferensi, kemudian langkah terakhir pengenalan menu navigasi. Yuk simak vidio tutorial cara daftar Accurate dan siap memiliki bisnis yang go global.  


Sumber – sumber :




Komentar